Wednesday 14 August 2013

Perang SIAK aka SIAK WAR ke sekian

Akhirnya setelah nunggu jam 9 pagi, dan eh ternyata Fasilkom UI dapat jam 14.00 WIB jadi nunggu SIAK aka SIAKNG sambil nonton anime deh di laptop.
Jam 14.00 tepat, SIAK belum bereaksi. Ini 'trik pengecoh' SIAK. Jangan terkecoh karena jam server di SIAK terlambat beberapa DETIK ! Ingat beberapa DETIK ! Jadi bila belum bisa isi IRS, REFRESH terus tuh webpagenya atau keluar(LOGOUT) lalu masuk lagi terus begitu sampai keluar jadwalnya.
Lalu isilah IRS sesuai matkul yang akan kamu ambil semester itu juga.
Pengalaman di hari pertama IRS WAR atau SIAK WAR atau SIAKNG WAR untuk sharing aja bila nanti berguna sih hehe..


1. Pasti server SIAK jebol. Pasti. Hal itu sudah bertahun-tahun terjadi. Jadi, sabar saja. Karena yang akses banyak, jadi maklumlah
2. Jadwal yang sudah di klik, BIARKAN ! Bila ingin ganti jadwal, jangan klik kembali jadwal tersebut untuk menghilangkan, namun klik jadwal lain yang akan kau ambil dengan matkul sama namun kelas beda.
Contoh :
matkul RPL A mau ganti RPL D. Tinggal klik RPL D.
Loh kak aku punya 2 RPL dong ? RPL A dan RPL D..Benar ! Tapi itu lebih baik. Karena SIAK error di hari pertama pemilihan jadwal, jadi belum bisa ganti jadwal. Solusinya, pilih 2 matkul sama di kelas yang berbeda. Meskipun SKS berlebih, itu tidak apa-apa yang penting dapat kelasnya. Nanti juga saat masa addd drop bisa diganti.
3. Penurunan posisi. Pasti semua sudah tau. Bila sudah memlih kelas, pasti di TAB IRS-->LIHAT IRS-->PENGECEKAN ada posisi kita di kelas itu. Misal posisi 38 dari 40 siswa. Bila memaksakan mengubah IRS dihari itu juga, posisinya sangat riskan untuk turun drastis bahkan dari posisi 38 bisa ga dapat kursi di kelas itu. Menyedihkan bukan..
4. Halaman SIAK kadang ngelantur. Ya kadang waktu login, ada header yang hilang. Waktu liat jadwal, malah nama-nama jadwalnya hilang. Lalu saat isi IRS dan selesai, server down lagi. Jadi mengisi lagi. Itu lumrah, karena sangat banyak yang mengakses SIAK. Jadi DOWN. Solusinya, banyak2 berdoa.

Any way, kembali ke perang SIAK ku.
Yah semester ini cuma ambil 18 SKS. Dikit sekali ya..
BASIS DATA --> mengulang
SISTEM OPERASI
RPL
EMBEDDED SYSTEM
SISTEM INTERAKSI A
Di sisi lain,  ada kejadian lucu, di salah satu matkul RPL yang diajar suatu Dosen peminatnya sampai 152 orang !!! Padahal kapasitasnya cuma 60 orang. Lebih dari setengahnya. Ada apa gerangan ?? Mengalahkan rekor Matkul Alin Tahun lalu / 2 semester lalu.
ini screen shotnya


Okelah, 18 matkul semester ini semoga lulus semua dan ga ada yang mengulang untuk mempercepat lulusnya. Ganbaru !

No comments:

Post a Comment